Sabtu, 25 Januari 2014

Tahun Baru; PS-TIP Akreditasi Baru



TIP Unitri – Diawal tahun 2014 ini Program Studi Teknologi Industri Pertanian (PS-TIP) Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi berhasil mendapatkan akreditasi baru dengan akreditasi nilai 342 peringkat B, setelah diumumkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Kamis (16/01/2014) kemarin. Hasil Akreditasi ini dilansir berdasarkan Keputusan (SK) BAN-PT Nomor: 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/XI/2013 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Sarjana BAN-PT.

            Ada 7 standar yang dicek dan dinilai oleh Tim Assesor berdasarkan borang akreditasi yang dibuat berdasarkan hasil evaluasi diri dari PS TIP, yaitu. 1). Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Target Pencapaiannya, 2). Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, 3). Mahasiswa dan Lulusan tiap tahunnya, 4). Sumberdaya Manusia (SDM), 5). Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, 6). Pembiyaan, Sarana, dan Prasarana serta Sistem Informasi, 7). Penelitian, Pelayanan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama, serta seluruh aspek yang ada dalam suatu prodi ditinjau dan dinilai.
            Menurut Ibu Wahyu Mushollaeni, SPi., MP, selaku Ketua PS-TIP, mengatakan ada 3 tahap yang dilakukan oleh BAN-PT untuk memutuskan nilai dan peringkat akreditasi program studi, yaitu: 1). Desk Evaluation, pada tahap ini pogram studi mengirim Borang yang sesuai dengan 7 stardar ke BAN-PT, sehingga tim assessor BAN-PT mencocokkan dengan pedoman penyusunan dan penilaian akreditasi program studi, kemudian menilai dan mengeluarkan desk evaluation. Paparnya, saat ditemui di Ruang PS-TIP, Selasa (21/01/2014) kemarin.
            “2). Visitasi atau kunjungan tim assessor ke program studi, dan, 3). Rapat Internal BAN-PT untuk memutuskan nilai dan peringkat akreditasi suatu program studi yang dilihat berdasarkan nilai desk evaluation dan visitasi tim assesor”, Pasalnya.
Ibu Dr. Ir. Widowati, MP, Dekan Fakultas Pertanian, mengatakan hasil nilai dan peringkat akreditasi ini sudah memenuhi target minimal yang ditetapkan oleh Rektor Unitri, Bapak Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo. dan hal itu merupakan hasil perjuangan yang ditunjukkan dengan kerja keras untuk mencapai target tersebut, sesuai dengan motto fakultas pertanian yaitu “Melangkah Lebih Maju, Meraih Prestasi”. Ungkapnya, saat ditemui di Ruang Fakultas Pertanian, Rabu (22/01/2014) kemarin.
            Ibu Wiwid, sapaan mahasiswa Fakultas Pertanian melanjutkan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai keberhasilan akreditasi, yaitu: 1). Kerja keras dilakukan oleh semua pihak (Mahasiswa, Dosen, Administrasi, dan Civitas Akademika Unitri, red) yang sudah membantu dalam pengisian dan laporan borang serta kegiatan visitasi penilaian lapang tim assesor, 2). Dukungan Do’a yang diberikan oleh semua pihak telah mewujudkan target yang ditetapkan oleh kita semua, 2). Dukungan Dana penuh yang diberikan oleh Universitas dan dukungan dana Hibah PHP PTS 2013 kemarin, 3). Prestasi yang berhasil diraih oleh Dosen, Mahasiswa dan Alumni, dan 4). Berbagai kegiatan kerja sama dengan pihak luar untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tegasnya. 
            Jenjang waktu akreditasi PS-TIP selama 5 tahun yang dimulai pada tanggal 22 November 2013 sampai 22 November 2018 ini, Harap Ibu Wahyu, sapaan mahasiswa PS-TIP, “prestasi TIP semakin meningkat baik Dosen maupun Mahasiswa, sehingga untuk penyusunan dan penyusulan akreditasi ke depan bisa mendapatkan hasil nilai dan peringkat akreditasi dengan baik”.(Ar)




0 komentar:

Poskan Komentar