The Profile


Program Studi Teknologi Industri Pertanian (PS TIP) merupakan salah satu Program Studi di Fakultas Pertanian (FP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI). PS TIP resmi menjadi program studi sejak tahun 2001. sejak saat itu, Jurusan TIP terus berbenah dan meningkatkan kemampuannya. 

PS TIP UNITRI melaksanakan jenjang pendidikan sarjana (S1). Proses belajar mengajar PS TIP didukung staf pengajar bergelar profesor yang berkompeten, Doktor dan Master lulusan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. PS TIP memiliki 2 jalur peminatan studi yaitu:
  1. TIP
  2. Produksi Pangan

PS TIP UNITRI, asal mahasiswa yang berasal dari berbagai pelosok wilayah di Indonesia, telah menjadi sebuah keunggulan dari PS TIP UNITRI. Berlatar belakang tersebut, potensi lokal daerah asal mahasiswa juga sangat beragam dan berpotensi tinggi untuk dikembangkan demi tercapainya kesejahteraan dan pengembangan daerah asal mahasiswa. Saat ini tercatat 10 wilayah daerah asal mahasiswa (dari Pulau Sumatera hingga Papua) ditambah dengan mahasiswa asal Timor Leste. 

Berkaitan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran dari PS TIP UNITRI untuk menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul dalam bidang ilmu dan teknologi agroindustriyang berorientasi untuk kepentingan masyarakat, serta Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berjiwa mandiri yang mampu merencanakan dan mengoperasikan usaha masyarakat berbasis agroindustri yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat yang tepat guna berdasarkan karakteristik Sumber Daya Alam, budaya dan lingkungan di wilayah asal mahasiswa, maka PS TIP UNITRI berdiri dengan mengedepankan keunggulan yaitu:
  1. PS TIP TIP UNITRI unggul dalam sistem indstri pertanian berbasis bahan baku lokal
  2. PS TIP UNITRI unggul dalam mengaplikasikan konsep industri tanpa limbah (zero waste management concept)


Jajaran dosen bersama wisudawan/wisudawati PS TIP periode September 2012

1 komentar: